June 24, 2022 By Bigboat.info 0

Psikologi Kesehatan Mental

Kebanyakan orang dengan gangguan panik tidak pernah yakin mengapa mereka mengalami serangan panik pertama mereka. Ada alasan untuk ini. Gangguan panik adalah ketakutan akan serangan, ketakutan akan efek serangan dan perubahan hidup yang signifikan sebagai akibat dari serangan atau serangan. Karena serangan panik adalah pengalaman yang menakutkan dan intens, orang-orang secara alami berpikir seharusnya ada Kiat Seorang Psikolog dalam Memecahkan Masalah penyebab atau alasan yang sama kuatnya; sesuatu yang akan cukup parah untuk membangkitkan reaksi seperti itu. Tapi serangan sering kali tampak tiba-tiba, benar-benar tak terduga. Itulah mengapa sulit untuk menempatkan jari Anda pada penyebab tertentu. Serangan mungkin terjadi sesekali ketika terhubung dengan hal-hal yang Anda khawatirkan. Ini bisa menjadi gangguan panik karena tampaknya tidak masuk akal Konsultan Psikologi Keluarga dan terasa tidak terduga. Untuk mengembangkan gangguan panik Anda harus mulai takut mengalami serangan panik. Ketika orang menulis online tentang serangan panik, mereka biasanya berbicara tentang gangguan panik.

Terkadang penyebab tersembunyi Pusat Terapi Psikologi Semarang dari serangan kecemasan adalah murni fisiologis. Misalnya, aritmia jantung dapat menyebabkan respons fight-or-flight umum. Hal-hal yang berbeda dapat memberi sinyal pada tubuh Anda untuk masuk ke mode bersiap-siap-bahaya. Kadang-kadang mungkin reaksi terhadap obat. Ini bisa menjadi reaksi alergi terhadap sesuatu, bisa juga virus.

Terkadang ada trauma di masa lalu dan ada beberapa kesamaan dengan keadaan Anda saat ini yang tidak terlihat jelas pada saat ini. Otak mengingat trauma secara umum atau impresionistik. Tidak harus tepat, cukup dekat. Jika Anda takut ular maka tongkat di rumput liar mungkin cukup dekat.

Tetapi sebagian besar waktu, itu adalah hasil dari “badai sempurna” stres. Tidak ada satu elemen pun yang bertanggung jawab penuh atau cukup kuat; melainkan merupakan akumulasi dari banyak hal. Hal ini dipicu oleh pepatah “jerami yang mematahkan punggung unta”. Apa yang menyebabkan serangan pertama sangat penting tetapi apa yang Anda lakukan selanjutnya yang benar-benar menentukan apakah ini satu episode atau gangguan.

Setiap dan semua jenis kecemasan melibatkan respons melawan-atau-lari. Setiap gejala serangan panik adalah hasil dari respons melawan-atau-lari. Dengan kata lain, gejala aneh ini sebenarnya adalah reaksi fisiologis normal dari sistem saraf Anda untuk mempersiapkan Anda menghadapi bahaya. Ini adalah bagaimana mereka ditafsirkan yang membuat mereka tampak sangat berbeda. Jika Anda meluncur ke interstate dan harus menginjak rem, respons fight-or-flight sangat masuk akal. Namun, jika Anda sedang duduk di mobil Anda di lampu merah dan Anda tidak menyadari sesuatu yang berbahaya maka respons melawan-atau-lari tampak mengancam, berlebihan dan aneh. Dalam situasi pertama, ketakutan diarahkan untuk menghindari menabrak mobil di depan Anda. Reaksi tubuh Anda sangat masuk akal. Dalam situasi kedua, ketakutan Anda diarahkan pada perasaan Anda (mengerikan!) dan itu tidak masuk akal. Karena tidak ada bahaya eksternal yang nyata, Anda mungkin berpikir bahwa Anda sakit atau tidak stabil secara mental (tidak demikian). Sesuatu yang halus terjadi saat itu. Anda menjadi takut pada tubuh Anda. Ketakutan dari titik ini ke depan, hanya membutuhkan ketakutan Anda tentang diri Anda sendiri. Anda, di atas kepala Anda, tidak mengendalikan Anda di bawah tubuh Anda (sebenarnya tidak demikian tetapi tampaknya seperti ini).

Penyergapan emosional ini adalah inti dari apa yang salah. Respons fight-or-flight, secara teknis, bukanlah sesuatu yang Anda pilih; itu adalah respons otomatis tubuh Anda terhadap bahaya. Meskipun terjadi dalam sepersekian detik, urutan neurologisnya adalah 1) bereaksi dan kemudian 2) berpikir. Namun demikian, respons bahaya biasanya sesuai dengan situasi sehingga terasa di bawah kendali Anda dan diharapkan. Dengan kata lain, tampaknya sesuai dengan keadaan dan bahkan jika Anda tidak punya waktu untuk memilihnya, Anda akan memilikinya (kecuali itu adalah hasil dari teman yang menjengkelkan yang melompat keluar dari balik pintu untuk menakut-nakuti Anda, dalam hal ini Anda berpikir tentang pergi ke “melawan” bagian dari respon.Titik awal untuk gangguan panik, di sisi lain, tampaknya sangat tidak sesuai dengan keadaan, tak terduga dan karena itu, di luar kendali Anda. Perasaan tidak terkendali inilah yang memberikan bahan bakar untuk masalah yang berkelanjutan. Begitu Anda mulai percaya bahwa kepanikan Anda mengendalikan Anda daripada Anda mengendalikannya, maka Anda berada di bawah cengkeramannya.